Posted by: subpokbhsjepang | June 4, 2008

Toilet Baru, Boneka, dan Laboratorium Jepang Siap Dikirim ke Luar Angkasa

Kompas.Com

Mainan dengan sosok Buzz Lightyear dari film Toy Story akan ambil bagian dalam demonstrasi huku fisika di luar angkasa kepada anak-anak.

Jumat, 30 Mei 2008 | 17:20 WIB

CAPE CANAVERAL, JUMAT – Para astronot di stasiun antariksa internasional (ISS) tidak perlu khawatir dengan toilet yang rusak. Wahana ulang alik Discovery yang akan meluncur Sabtu (31/5) akan membawa toilet baru. Sebagai oleh-oleh juga akan dikirim boneka tokoh kartun anak-anak selain bawaan utama laboratorium milik jepang.

Wahana ulang alik Discovery siap diluncurkan kembali Sabtu (31/5) untuk melanjutkan proses pembangunan stasiun antariksa internasional (ISS). Misi utama kali ini memang melanjutkan pembangunan kembali laboratorium Kibo milik Jepang yang baru selesai tahap pertama. Peluncuran akan dilakukan di Kennedy Space Center, Florida, pada pukul 5.02 WIB atau Minggu (1/6) pukul 4.02 WIB.

“Kendaraan, kru, cuaca, dan tim semuanya siap, dan kami harap berjalan lancar,” ujar LeRoy Cain, kepala Tim Manajemen Misi. Misi yang dinamai STS 124 Discovery ini membawa tujuh orang awak yang dipimpin astronot Mark Kelly. Turut dalam misi ini astronot AS Greg Chamitoff untuk menggantikan astronot Garret Reismann  yang telah bertugas di stasiun luar angkasa selama 6 bulan.

Mereka akan menghabiskan 14 hari di orbit untuk melakukan sejumlah pekerjaan konstruksi. Tiga kali spacewalk atau pekerjaan langsung di luar angkasa dengan berpijak pada lengan robotik akan dihabiskan para awak untuk memasang modul utama laboratorium Kibo yang berukuran sebesar bus kota.          

Pompa toilet baru sudah dimasukkan ke dalam kargo Discovery, Kamis (29/5). Sebagai gantinya, sebagian suku cadang yang dapat dibawa pada misi berikutnya terpaksa harus ditinggalkan.   

Tokoh kartun
 
Tidak hanya toilet baru yang ditambahakn ke dalam kabin wahana ulang alik. Sebuah mainan yang menggambarkan sosok Buzz Lightyear dari film Toy Story buatan Disney-Pixar juga dibawa ke luar angkasa.

“Buzz akhirnya mendaptkan apa yang selalu diinginkannya. Ia selalu ingin pergi ke masa depan, ia selalu ingin terbang, dan sekarang mimpinya terwujud,” ujar Duncan Wardle dari Disney. Pengiriman boneka Buzz adalah bagian dari kerja sama NASA dan Disney untuk memasyarakatkan iptek antariksa kepada anak-anak. Saat di luar angkasa, boneka tersebut akan memperlihatkan demonstrasi hukum fisika. Game-game sains untuk anak-anak yang menampilkan Buzz juga segera tersedia di website resmi NASA.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: