Posted by: subpokbhsjepang | June 10, 2008

TIPS BELAJAR BAHASA JEPANG

Sebelum kita melanjutkan pelajaran bahasa Jepang ada baiknya kita mengetahui dahulu tips-tips untuk belajar bahasa Jepang, khususnya bagi yang baru belajar.

1.   Niat. Setiap ingin melakukan sesuatu kita harus berniat dulu karena ini adalah salah satu kunci untuk mendapatkan keberhasilan.

2.   Motivasi. Ibarat kapal tanpa kompas tidak tahu arah, sehingga tidak akan sampai pada tujuannya. Begitu juga belajar bahasa khususnya bahasa Jepang kita harus tahu apa tujuan kita belajar, apakah untuk bisa baca komik jepang, suka sama anime, karena tekhnologinya yang tinggi atau  yang lainnya. Hal itu akan memotivasi kita untuk bisa berbahasa Jepang. 

3.   Setelah tahap persiapan barulah kita mulai tahap berikutnya yaitu pelaksanaan. Sering-seringlah mengucapkan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari misalnya ohayou gozaimasu (selamat pagi), konbanwa (selamat malam) dll. Bahasa harus sering dipraktekkan kalau hanya dihafalkan tidak ada gunanya.

4.   Kalau sudah ada perbendaharaan kata yang dipelajari seperti hon (buku), terebi (TV), kuruma (mobil) dll, biasakanlah menyebutkan benda-benda tersebut dalam bahasa Jepang jika melihatnya. Itu akan membantu dalam menghafalkan sekaligus mempraktekkan cara pengucapannya.

5.   Sering-seringlah mempraktekkan percakapan yang telah dipelajari dengan teman atau dengan sensei. Mungkin bisa dimulai dari percakapan yang sangat sederhana atau percakapan pendek setelah lancar bisa ditingkatkan ke percakapan yang lebih panjang. Contoh,  ohayou gozaimasu, oegenkidesuka (selamat pagi, apa kabar), kinou nani o shita? (apa yang Anda lakukan kemarin), dll.

6.   Jangan takut untuk berbicara dalam bahasa Jepang apalagi kalau bertemu dengan orang Jepang, gunakanlah kesempatan itu untuk praktek bicara dan mendengar karena pengucapan penutur asli berbeda dengan yang bukan penutur asli bahasa tersebut. Serta memperbaiki pengucapan yang salah.

7.   Rajin-rajinlah mendengarkan lagu-lagu berbahasa Jepang dari kaset atau VCD.

8.   Usahakanlah bergabung dengan komunitas para pelajar bahasa Jepang.

9.   Berdoa.  Setelah semua upaya dilakukan yang terakhir adalah berdoa, supaya apa yang kita lakukan di restui sama oleh-Nya.

Ini adalah beberapa tips dan masih banyak lagi tips yang lainnya. Bagi pembaca  yang ingin berbagi atau menambahkan tips belajar bahasa Jepang silahkan kirimkan tipsnya kesini. Kami akan sangat senang sekali. 

 


Responses

  1. Thank You

  2. Sama-sama semoga bermanfaat

  3. Arigato gozaimasu..

  4. motivasiku utk belajar bahasa jepang adalah ingin punya istri orang jepang…………hahahaaaaaa…klasik yaaah. becanda…kok..sebenarnya sih aku ingin jd diplomat dikawasan asia timur (jepang, China, Korea, dll)..doain yaah..!

    • terima kasih…. Ok bung kami doakan semoga cita-citanya tercapai….Mata aimasho

  5. salam kenal….
    watashi no namae wa Nohan desu
    watashi wa seito no desu…

    senangnya bisa pandai berbahasa Jepang. Saya sangat bangga terhadap Jepang dan Jepang adalah salah satu tujuan di mimpi saya. Saya masih duduk di kelas XI di sebuah pedalaman yang jauh akan kemajuan (dan internet adalah hasil jerih payah keluarga agar tak tertinggal oleh zaman) di Kalimantan Tengah tepatnya di kabupaten Bartim. saya sudah dua thun belajar sedikit tentang bahasa Jepang yang sangat unik ini… semoga saya bisa belajar banyak hal tentang Jepang dengan anda.

    • Terima kasih atas comment – nya, semoga blog kami ini bermanfaat untuk semua….dan lanjutkan belajar bahasa jepang semoga cita-citanya tercapai….Amin..

  6. Shitsureishimasu….. konnichiwa..,,,

    Watashi no namae wa angel desu,,,kochira wa hajimete desuka…!!!

    SUGO! ternyata tipsnya mmbntu lo!!! Klu bisa lbh dprbnyk lagi yach…

    Klu n9el se,, mw bljar bhsa Jpang krna kpngn kliah dsana,,, …. Onegai shitai koto ga aruno desuga??? klu mau,, please dong cariin kwan yg bs dajak bhsa Jpng, slnya ngel msh pmla…

    Ngel msh SMP lo,, dan tnggal dkota yang sangat g dknl…nmnya BAngkinang….
    dsni msh dblng ktnggln bngt,, dan g ada tmpat kursus bhs Jpng…

    By the way,, shitsurei desuga, onamae oshiete kudasai??

    Taihen gomeiwakuwo okakeshimashita moushiwake arimasen… Iroiro arigatou gozaimasu… SAYONARA>>>>>>>>>>………^_^

    • Yokoso irasshaimase….Kochira koso…Gunawan to moushimasu..Douzo Tsuzukete kudasai…Matte iru yo…

  7. Shitsureishimasu….. konnichiwa..,,,

    Watashi no namae wa angel desu,,,kochirae wa hajimete desu…!!!

    SUGO! ternyata tipsnya mmbntu lo!!! Klu bisa lbh dprbnyk lagi yach…

    Klu n9el se,, mw bljar bhsa Jpang krna kpngn kliah dsana,,, …. Onegai shitai koto ga aruno desuga??? klu mau,, please dong cariin kwan yg bs dajak bhsa Jpng, slnya ngel msh pmla…

    Ngel msh SMP lo,, dan tnggal dkota yang sangat g dknl…nmnya BAngkinang….
    dsni msh dblng ktnggln bngt,, dan g ada tmpat kursus bhs Jpng…

    By the way,, shitsurei desuga, onamae oshiete kudasai??

    Taihen gomeiwakuwo okakeshimashita moushiwake arimasen… Iroiro arigatou gozaimasu… SAYONARA>>>>>>>>>>………^_^

  8. keren.

    tapi susah juga untuk dimengertiiiiii!

    • Sebenarnya tidak ada yang tidak bisa/sulit, setiap kita akan bisa tinggal bagaimana kita mau atau tidak untuk mencoba/belajar….

  9. kereen..trus cara baca huruf hiragana dll gimana?
    thx for the info…..^_^

    • Caranya kenali dan fahami 46 huruf Hiragana & Katakana dengan praktek langsung menulis berulang-ulang, mulai dari satu huruf/ suku kata, kemudian gabungkan huruf/suku kata tersebut sehingga membentuk satu kata yang mempunyai makna…Contoh Hiragana:  あ : A   い :I   う : U   え : E   お : O Gabungan: いえ : IE (dibaca: Iye) yang berarti rumah, うえ : UE (dibaca: Uwe) artinya Atas dst…Selamat mencoba and Doomo..

  10. ohayaoo gazaimasu.atas tipsnya jujur aja aku tambah bersemangat untuk belajar…

  11. sumimasen… watashi no namae wa andhye desu….sulawesi touno makassar no kimashita,

    nich aku mau nihongo o benkyo_shimashita.kudasai ne………

  12. ganbare…minasan

  13. blajar bhasa jpang diar bisa msk perusahaan jepang kan seru….

  14. ありがと ございます
    wah!!! jd pengen trus belajar bahasa jepang nie!!

  15. Yoru…..
    wach bis baca tipsnya jadi tambah semangat belajarnya nich cos aku belajar sendiri…n aku pengen banget dateng ke jepang….arigato

  16. sekalian tolong jelasin partikel2 na,o’om biar qt ngrti

    cr gunain nya, honto ni arigatou gozaimashita !!!

  17. konichiwa .. hajimemaste watasiwa yanse desu toshiwa 21 si desu dozoyoroshiku onegashimasu.

  18. nihongo o bengkyou shimasu omoshiroi desu. ima watshiwa nohon ni shigoto shiteimasu… hajimete watashiwa biyukuri omotakotowa nihon jin sinsetsu desu
    tanoshi,omoshiroi, nihon sugoi desu ne,
    suzushii , suzuka,, gomi arimasen,..,kierei desu ne

  19. ok sebenarnya kita hrus bngga ma bangsa kita q lama tinggl di jepang ternyata miskin japan ga punya apa2 seraba beli gas,sutra,besi,baja,dll. semanya bnyk beli dr negara indonesia, kayu bkr dr malsya, dia ga pnya apa2 semuanya beli, hutan di jpan ga boleh di tebang di lindungi katanya japan bnyk duit ngapain ngerusak hutan sendiri lbih baik beli aja ,,, gitu pemikiran nya mereka tu hebat cara berbisnis otak merekla ulet yg p-sti modal utama jujur ga suka korupsi,, makanya maju tkut ma hukum, masarakat jpn tu patuh ma peraturan,,,makanya bisa di atur semuanya makmur ga da gelangdangan yg berkeliaran di jln ,,,,, ok bngsaku maju dooonk

  20. bahasa japan tu sngt mudah di pengerti sebenarnya mudah ko seperti bentuk akhir ta tu berati sudah di lakukan contoh tabemasta sudah makan, akhiran kudasai bentuk tolong

  21. hmm…saya sedang belajar bahasa jepang, tapi ada kesulitan dalam pengucapan…
    tipsnya cukup menarik …cahyo….belajar lg….

  22. makasih buat tipsnya..
    arigatou gozaimasu

  23. Dari kelas 6 SD aku udah suka banget sama Jepang. Dari Kelas 3 SMA udah belajar Bahasa Jepang. Dilanjut pas Kuliah. Baru-baru lulus kuliahpun privat bahasa Jepang. Tapi sekarang udah kerja Bahasa Jepangnya hilang krn ga pernah dipraktekkan….sedih banget. Mau ngomong jepang takut salah, nanti diketawain, nanti jadi malu, nanti….wah banyak parnonya.hehehe….
    Coba ada roti tawar doraemon yg ditempel dibuku langsung hapal apa isinya…. hmmmm ada ga ya…..🙂

  24. kak……..bisa ngak tulisan kanjinya aga lebih besaran karnkan penulisannya aga sulit ?
    selain itu apa aja hurf kanji tersebut

  25. mochi-mochi/
    oegenki desu ka?

    watashi wa sam desu/

    butuh bimbingan ekstranih belajar bahasa dengan tulisan jepang nih/

  26. こんにちわ… ^_^
    私はヂキです。どうぞよろしく….

    私の日本語をつかいます。ただしいか」どうかわかりませんよ。

    ひとつのしつもんがあって。klo pngn menghafal kanji gm ya caranya agar lebih mudah….?? sebab segala cara dan daya sudah saya coba tp ternyata blm bisa jug utk menghafal… おねがいします!!! ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: