Posted by: subpokbhsjepang | June 23, 2008

Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang

1. Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang

(1)

Pada tahun 1958 setelah Perjanjian Perdamaian Jepang – Republik Indonesia dan Perjanjian Pampasan Perang Jepang – Republik Indonesia ditandatangani dan diberlakukan, dibukalah hubungan diplomatik antara kedua negara. Dengan demikian, tahun 2008 merupakan ulang tahun ke-50 pembukaan hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia. Selama kurun waktu 50 tahun ini, antara kedua negara telah dibangun hubungan persahabatan dan kerjasama secara luas, tidak hanya di bidang ekonomi tapi juga di bidang kebudayaan dan pertukaran rakyat.

(2)

Pada bulan November 2007, pada kesempatan kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono ke Jepang, antara Perdana Menteri Abe dan Presiden Yudhoyono telah ditandatangani pernyataan bersama Republik Indonesia-Jepang (Kemitraan Strategis Menuju Masa Depan yang Damai dan Sejahtera). Dalam pernyataan tersebut dinyatakan bahwa “Tahun Persahabatan” sebagai tahun peringatan ke-50 merupakan kesempatan yang sangat baik untuk lebih memperkokoh hubungan persahabatan yang sudah berlangsung di berbagai bidang luas selama waktu yang sudah cukup lama. Dan, dalam menuju paruh abad selanjutnya, ditegaskan pentingnya menyelenggarakan berbagai macam acara peringatan yang bertujuan memperluas pertukaran antara rakyat kedua negara dan memperdalam saling pengertian yang melampaui generasi.
Selanjutnya, pada kesempatan pertemuan puncak yang berlangsung dalam kunjungan Perdana Menteri Abe ke Indonesia pada Agustus 2007, kembali ditegaskan bahwa tahun 2008 merupakan awal yang penting guna lebih memajukan hubungan antara Jepang dan Indonesia.

(3)

Masa “Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang” adalah : mulai 1 Januari 2008 sampai dengan 31 Desember 2008.

2. Tema dan bidang-bidang utama dari “Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang”

“Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang” bertemakan “Menuju ke Setengah Abad Baru”, bertujuan memperluas pertukaran antara rakyat kedua negara dan memperdalam saling pengertian antar generasi. Selama “Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang”, menurut rencana akan diselenggarakan pertukaran di berbagai bidang luas yang mencakup pendidikan, ekonomi, sains dan teknologi, kebudayaan, kesenian, olahraga dan pertukaran rakyat.

(2)

Khususnya, akan berlangsung berbagai acara sesuai dengan tema “Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang”, dengan penekanan pada bidang-bidang berikut ini :

Pendidikan
Peningkatan pembinaan dan pertukaran generasi yang akan mengemban masa depan hubungan antara kedua negara

Kebudayaan dan pertukaran di tingkat akar-rumput
Usaha memajukan saling pengertian melalui pengenalan kebudayaan dan pertukaran di bidang olahraga dll.

Ekonomi (perdagangan, investasi, sains dan teknologi, pariwisata, dll.)
Usaha menemukan kembali daya tarik kedua negara dan perluasan pertukaran ekonomi menuju kesejahteraan yang lebih baik bagi kedua negara.

Kedutaan Besar Jepang, Jakarta


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: