Posted by: subpokbhsjepang | July 17, 2008

Bahan Ajar Berbasis Multimedia Sistem

Kita semua tahu cukup repotnya saat mengajar menggunakan sistem konvensional seperti saat mengajar choukai atau kaiwa yang memerlukan materi dari kaset tape atau video tape yang sebelumnya harus mem-persiapkan dengan tepat materi yang tersimpan pada media tape (durasi menit/detiknya) tersebut. Belum lagi saat menampilkan alat peraga seperti foto atau gambar ilustrasi yang cukup besar/lebar.

Mungkin belum banyak para guru atau dosen yang memanfaatkan multimedia system sebagai sarana dalam mengajar maupun membuat bahan ajar. Dengan sarana ini, proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan para pengajar sendiri menjadi semakin kreatif menciptakan ide-ide dan model bahan ajar baru.

Multimedia System adalah suatu gabungan aplikasi dalam penggunaan media format file pengolah teks, gambar, suara dan video. Tentu saja untuk mewujudkan dan menjalankan semua aplikasi tersebut digunakan komputer baik PC atau notebook beserta pendukungnya seperti infocus/LCD Projector dan speaker.

Cukup sulit bagi yang awam pemrograman komputer saat membuat sendiri materi pengajaran berbasis bahasa pemrograman, namun ada software aplikasi siap pakai dan mudah digunakan untuk mewujudkan semua itu adalah Microsoft PowerPoint. Dengan software ini, gabungan antara teks, suara, foto, gambar dan video bisa digabung dan ditampilkan.
Untuk menyajikan semua bagian file tersebut menjadi satu kesatuan yang akan ditampilkan saat mengajar, tips praktis sebagai persiapan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

1. Teks
Bisa diketikkan secara biasa/langsung pada halaman project PowerPoint, jika diambil dari buku cetak agar menghemat waktu, bisa menggunakan scanner. Berikutnya tinggal mengedit besar kecil maupun model dan warna huruf sehingga tampil menarik.

2. Suara/Audio
Jika sumber suara sudah berbentuk file audio misalnya .MP3, .MPA, .WAV atau lainnya, bisa langsung dimasukkan/insert ke dalam rangkaian halaman project PowerPoint.

Jika diambil dari CD Audio, file audio yang diinginkan bisa dikonversi menjadi file .MP3 supaya ukurannya menjadi kecil namun kualitasnya tetap bagus. Program konversinya yang sederhana bisa digunakan Xing Audio Catalyst.

Jika diambil dari kaset tape, harus ditransfer menjadi file audio. Diperlukan tape recorder yang memiliki port audio output yang nantinya dihubungan ke port audio input di komputer/notebook dengan menggunakan kabel dan jack audio stereo. Berikutnya sambil diputar kita record menggunakan software seperti Jet Audio, Audio CD Creator, Video Studio atau lainnya supaya menjadi file audio. Biasanya file awal adalah .WAV, namun bisa dikonversi ke .MP3 supaya ukurannya menjadi kecil.

Jika ingin merekam suara sendiri dengan komputer, diperlukan piranti computer microphone.
Sistem penyisipan pada halaman project PowerPoint adalah ke menu:

Insert –
Movies and Sounds –
Sound from File


3. Foto
Jika masih berbentuk lembar foto cetak atau foto yang ingin diambil dari buku, digunakan scanner untuk merubahnya menjadi file (umumnya disimpan ke format .JPG / .BMP).
Jika foto sudah berbentuk file misal dari kamera digital atau download dari internet, file foto bisa langsung disisipkan ke dalam rangkaian project file PowerPoint yang dibuat.
Sistem penyisipan pada project adalah ke menu:

Insert –
Picture –
From File

4.Gambar
Seperti pada point 3 diatas.
Sebagai catatan, apabila ukuran file foto/gambar terlalu besar perlu dilakukan resize (bisa menggunakan software ACDSee) supaya ukuran menjadi kecil sehingga file project kita tidak terlalu besar akibat disisipi file foto/gambar.
Sistem penyisipan pada project adalah sama dengan point 3 di atas.

5. Video
Materi video yang masih berbentuk pita kaset video, perlu ditransfer menjadi file video seperti dalam format .AVI atau .MPG menggunakan komputer yang telah dilengkapi video capture card dan bantuan software video editing seperti Ulead Video Studio, Pinnacle Studio, Adobe Premiere, dll. Setelah berbentuk file video baru bisa disisipkan pada project file yang kita buat.
Apabila materi video/film sudah dalam bentuk VCD atau DVD, file perlu diambil atau dipotong dahulu menjadi file-file terpisah tujuannya supaya ukurannya kecil dan juga mudah mengenali isinya.
Sistem penyisipan pada project adalah ke menu:

Insert –
Movies and Sounds –
Movie from File


Jika ingin mencari pilihan ilustrasi foto atau gambar (clipart), dengan bantuan internet dapat mudah kita temukan (download) contohnya melalui situs:
www.google.com atau www.yahoo.com
masuk ke menu images dan kita ketik kata kunci foto atau gambar yang ingin dicari, maka segera akan muncul puluhan bahkan ratusan foto atau gambar yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Juga di situs: http://momiji.jpf.go.jp/kyozai buatan Japan Foundation pun kaya akan materi foto dan gambar yang siap pakai.
Berikutnya tinggal download dan simpan untuk disisipkan pada kyouzai yang kita buat..

Dengan melihat materi dan alur pelajaran yang akan diajarkan melalui kyouan, mudah diketahui bahan apa yang akan dibutuhkan. Jika dibutuhkan suatu keterangan, foto, gambar, suara maupun atau video atau bahkan semuanya, maka point 1-5 diatas harus dipersiapkan. Berikutnya tinggal menyusun materi tersebut pada project file PowerPoint, yang perlu dicermati adalah saat melakukan pengurutan tampilan/slide show, kapan suara akan diperdengarkan, kapan gambar ke-1, 2, dst harus tampil, kapan file video harus diputar, dsb. Untuk ini order urutan harus tepat dan benar.
Jika semua materi telah tersusun, guru atau dosen cukup membawa sebuah perangkat penyimpan file mungil yang sudah tidak asing bagi kita, yakni flash disk saat mengajar di ruang multimedia.
Selamat berkreasi.

Oleh :
Yoel Sadewa, A.Md., S.Kom.


Responses

  1. Pertamax….
    Mampir…

  2. Irasshaimase…..
    Arigatou……….

  3. Saya mau yang sudah jadi saja.dimana saya bisa mendapatkannya?

  4. saya buat skipsi tentang multimedia system. reverensi bukunya apa aja y’. makasih….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: